Tips Untuk Pengguna Android yang Wajib Diketahui Khususnya Pemula

Perangkat smartphone Android kini semakin populer di masyarakat. Smartphone dengan sistem operasi tersebut telah hadir dalam beragam ukuran, spesifikasi, merek, dan juga harga Hampir setiap tahun sebuah perangkat sistem selalu mengalami peningkatan dan perbaikan. Apalagi untuk Android dari mulai versi Cupcake sampai Marshmallow dan sekarang Oreo.

tips dan trik untuk pengguna android

Walaupun Android sudah eksis cukup lama dan terus mengalami perkembangan, ternyata masih banyak pengguna yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan perangkat Android mereka dengan baik, apalagi untuk para pemula. Untuk itu, kali ini saya ingin memberi beberapa tips Android untuk membuat perintah atau fitur yang memudahkan Kamu mengoperasikan smartphone kesayangan.

Ingat Email dan Sandi Akun Google

Keistimewaan dari Android adalah sistemnya didukung penuh oleh Google. Untuk itu, para pengguna Android disarankan untuk mengingat akun Google yang digunakan sebagai data smartphone. Pada prinsipnya Google akan membuat semua aplikasinya secara otomatis terintegrasi dengan sempurna mulai dari Gmail, Youtube, Google Plus, dan masih banyak lagi.

Selain itu dengan menggunakan akun Google yang sama akan mempermudah dalam mengembalikan data jika ganti hp atau bahkan lupa sandi dan pola, karena ini akan sangat membantu. Jika lupa silahkan baca Memulihkan AKun Gmail Lupa Sandi atau untuk menambah akun silahkan lihat Cara Menambah Akun Google di Android.

Cara Mudah Mengambil Screenshot

Selama ini, untuk mengambil screenshot Kamu harus menggunakan tombol kombinasi power dan home. Namun untuk smartphone terbaru yang sekarang tidak ada tombol Homenya seperti Samsung S9, kamu dapat mengambil screenshot dengan cara menekan tombol Power + Volume secara bersamaan dan cepat.

Selain itu Kamu juga dapat mengambil screenshot dari Android tanpa harus menekan tombol yaitu dengan bantuan aplikasi Screenshot Crop & Share atau yang lainnya. Dengan aplikasi ini, Kamu juga dapat mengambil screenshot hanya sebagian, memotong (crop) dan menambahkan pernak pernik.

Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi Lain

Untuk menyembunyikan file tertentu baik video, foto, atau bahkan aplikasi. Kamu tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga. Caranya pergi ke Pengaturan -> Tampilan -> Layar Depan -> Sembunyikan Aplikasi. Lalu kemudian pilih Aplikasi yang ingin disembunyikan kemudian sentuh Gunakan (Apply).

Jika ingin cepat, maka saat berada di layar depan sentuh dan tahan layar beberapa saat kemudian akan muncul pilihan Pengaturan Layar Depan dan pilih sembunyikan aplikasi.

Tampil Lebih Cepat (Animasi)

Untuk mempercepat animasi smartphone yaitu menampilkan menu atau opsi, Kamu tidak perlu repot-repot melakukan root yang cukup beresiko terhadap perangkat. Cukup masuk ke menu Developer Option kemudian ubah semua angka animation scale, Kamu sudah dapat mengatasi masalah ini. Caranya, masuk ke menu settings kemudian Developer Options. Di sana, carilah semua bagian yang mengandung opsi Animation Scale.

Mengenali Setiap Informasi yang Dibagikan

Semua aplikasi di Google Play Store pasti memerlukan akses ke dalam sistem supaya aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Sebagian besar aplikasi tersebut memerlukan akses ke kamera, contact, SMS, lokasi dll. Pastikan untuk selalu memeriksa apa saja akses yang diperlukan oleh aplikasi tersebut sebelum menginstalnya. Jika tidak hati-hati, mungkin saja ada aplikasi yang sengaja dibuat untuk mencuri data Kamu maupun mengakses lokasi Kamu.

Memilih Aplikasi Default

Dalam sebuah smartphone biasanya terdapat beberapa aplikasi yang memiliki fungsi sama antara satu dengan yang lain. Cobalah untuk menentukan aplikasi default yang menurut Kamu paling nyaman atau sesuai untuk melakukan tugas tertentu. Sebagai contoh Kamu dapat menggunakan Opera sebagai browser dari pada Chrome atau UC Browser atau WPS Office untuk membaca file PDF dibandingkan aplikasi PDF yang lain. Mengatur aplikasi-aplikasi default akan menghemat waktu Kamu saat menjalan tugas atau membuka file tertentu.

Nonaktifkan Aplikasi yang Jarang Digunakan

Pada dasarnya semua smartphone Android selalu hadir dengan aplikasi bawaan atau blotware. Agar aplikasi tersebut tidak membebani sistem, aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan dapat di disable. Caranya, masuk ke menu Settings kemudian Apps. Setelah itu carilah aplikasi yang akan Kamu disable. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root. Hal ini cukup membantu untuk mengurangi kerja smartphone menjadi lebih ringan.

Membiasakan Multitasking

Ketika Kamu sedang menggunakan suatu aplikasi dan hendak berpindah ke aplikasi lainnya yang sudah digunakan sebelumnya, manfaatkan tombol Recent Apps. Dengan cara ini, Kamu akan menghemat waktu dibandingkan harus keluar dan mencari aplikasi baru. Saat ini beberapa smartphone Android juga sudah ada yang dilengkapi fitur Multi Windows. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi lainnya agar dapat menonton video tetapi masih menjalankan aplikasi yang lain seperti untuk browsing atau chatting.

Sekian tipsnya, semoga membantu dan silahkan bagikan ke teman-teman lainnya ya. Terima Kasih.

Tinggalkan pesan "Tips Untuk Pengguna Android yang Wajib Diketahui Khususnya Pemula"

eleven + 14 =