Tips dan Cara Melacak IPhone Yang Hilang Atau Dicuri

Tidak ada komentar 7159 views

Saya kehilangan iPhone, apa yang harus saya lakukan dan bagaimana cara melacak iPhone yang hilang, kalau dalam keadaan mati atau baterai habis gimana?

cara_melacak_iphone_yang_hilang

Kemungkinan kamu mengunjungi artikel ini adalah karena kamu, saudara atau teman kamu kehilangan iPhone entah terjatuh atau dicuri. Dan hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berdoa dan tetap tenang untuk mencari solusi bagimana menemukan lokasi iPhone kamu. Kamu tidak Perlu begitu cemas, karena seandainya iPhone tidak ditemukan, data yang ada akan tetap aman dan tidak bisa dilihat oleh orang yang menemukannya, karena kamu bisa menguncinya dari jarak jauh.

iPhone memiliki fitur keamanan yang sangat baik, dengan softwarenya kita bisa melacak keberadaan hp tersebut, memberi pesan dan mencantumkan nomor hape yang bisa dihubungi di layar iPhone yang hilang. Beberapa cara yang bisa ditempuh saat kehilangan iPhone adalah sebagai berikut,

Mencari iPhone atau iPad dengan iCloud dan Find My iPhone

Langkah ini digunakan untuk melacak keberadaan lokasi perangkat, karena mungkin kamu lupa meletakannya. Jadi untuk memastikan apakah iPhone kamu masih berada disekitar kamu atau tidak.

cari_iphone_saya

image by Apple.com

Buka icloud.com/find di Mac atau PC, atau dengan menggunakan aplikasi Find My iPhone di iPhone, iPad, Mac, atau iPod lainnya. Baca Cara Membuat ID Apple Baru Tanpa Kartu Kredit

Kamu akan ditunjukan dimana lokasi iPhone atau iPad kamu yang hilang. Jika titik berwarna “Hijau” artinya iPhone dalam keadaan online, jika berwarna “Abu-abu” berarti sedang offline atau mati. Coba klik “Play Sound” untuk membunyikan iPhone, siapa tahu kamu hanya lupa menaruhnya.

Aktifkan Mode Hilang dan Kunci

Jika kamu tidak menemukan iPhone berada disekitar kamu, segera aktifkan “Mode Hilang”. Dengan mode hilang maka iPhone, iPad, iPod, Mac, atau Apple Watch kamu akan terkunci dan tetap bisa melacaknya. Selain itu juga bisa menampilkan pesan di perangkat yang hilang dengan memberi tahu bagaimana cara mengembalikannya, mencantumkan alamat pengembalian dan nomor hp yang bisa dihubungi.

Kamu dapat menguncinya dari jarak jauh dengan kata sandi dan secara otomatis tidak akan ada notifikasi yang akan ditampilkan pada iPhone yang hilang tersebut, akan tetapi masih dapat untuk menerima panggilan. Selain itu, kartu kredit atau debit untuk Apple Pay juga akan di bekukan untuk perangkat yang hilang tersebut. Untuk mengaktifkannya Mode Hilang caranya,

  1. Masuk ke icloud.com/find dari Mac atau PC, atau gunakan “Cari iPhone Saya” di perangkat lain.
  2. Pilih Semua Perangkat, lalu pilih perangkat yang hilang,
  3. Masukan passcode/kata sandi, konfimasi,
  4. Lalu masukan nomor Hp yang bisa dihubungi,
  5. Tulis pesan yang akan ditampilkan di iPhone atau iPad yang hilang, misalnya “iPhone Saya hilang. Tolong hubungi saya di”, atau alamat rumah.

iPhone, iPad, Mac kamu akan terkunci dan pesan yang kamu tulis akan tampil selama perangkat masih terkunci. Jika iPhone yang hilang dalam keadaan offline atau dimatikan, pesan akan muncul setelah dihidupkan kembali.

Menghapus Konten

Langkah terkahir ini dilakukan seandainya iPhone tidak ditemukan dalam artian benar-benar hilang tak kembali. Menghapus konten yang ada di iPhone ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau penyalahgunaan perangkat.

Dengan melakukan Erase iPhone, maka seluruh informasi data yang tersimpan akan di hapus, termasuk data kartu kredit atau debit yang digunakan untuk Apple Pay. Namun jika suatu hari iPhone tersebut ditemukan kembali, kamu masih dapat mengembalikan informasi data yang sudah tersimpan di penyimpanan iCloud dengan pilihan restore, dengan catatan kamu sudah mengaktifkan pencadangan sebelumnya.

Penghapusan perangkat akan berjalan saat iPhone atau iPad kamu dalam keadaan online, biasanya ada konfirmasi ke email. Berikut caranya:

  1. Seperti sebelumnya masuk ke icloud.com/find dari Mac atau PC, atau gunakan “Cari iPhone Saya” di perangkat lain.
  2. Klik semua perangkat, dan pilih perangkat yang akan kamu hapus kontennya,
  3. Selesai, proses penghapusan akan segera berjalan.

Jika iPhone dalam keadaan offline atau mati, maka proses akan tetap berjalan saat dihidupkan kembali dan online.

Hubungi Operator Seluler

Seandainya memang diperlukan guna menghindari penyalahgunaan nomor telepon kamu, sebaiknya hubungi Costumer Service kartu yang kamu pakai. Jelaskan jika nomor kamu hilang dan minta untuk menonaktifkannya untuk sementara.

Meskipun kecil kemungkinan saat handphone hilang atau bahkan dicuri itu kembali, tapi tidak ada salahnya mencoba apa yang bisa kita lakukan sebisa mungkin. Saya ikut doakan semoga iPhone kamu bisa cepat ditemukan, sekian tips cara melacak iPhone yang hilang semoga membantu.

Tinggalkan pesan "Tips dan Cara Melacak IPhone Yang Hilang Atau Dicuri"

18 − 11 =