Solusi Cara Memperbaiki Kartu SD Tidak Terbaca

Tidak ada komentar 18346 views

Utasgawai.com – Kenapa tiba-tiba kartu sd tidak terbaca di android? Apakah rusak? Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Mari kita coba langkah-langkah berikut, semoga bisa membantu mengatasinya.

memperbaiki-kartu-sd-tidak-terbaca

Kartu sd atau yang sering kita kenal micro sd atau memory card, merupakan perangkat keras eksternal yang berfungsi sebagai tambahan kapasitas penyimpanan. Ketika kita memiliki penyimpanan internal yang kurang cukup untuk menyimpan data, maka diperlukan memory tambahan. Kartu sd merupakan perangkat penting karena berfungsi sebagai penyimpan data seperti foto, video, lagu atau lainnya. Karena penting, maka wajar jika seseorang akan panik saat menemukan kartu sdnya tidak bisa terbaca oleh handphone. Data yang tersimpan pun tidak akan muncul di handphone.

Ketika foto, video atau lagu yang tersimpan di micro sd tidak muncul itu bisa disebabkan karena beberapa faktor, dan belum tentu juga data tersebut hilang. Kerusakan bisa terjadi oleh hardware atau software dari handphone itu sendiri. Karena itu, harus di ketahui kenapa kartu sd tidak terbaca oleh handphone, apa penyebabnya?

Penyebab Micro SD Tidak Terdetaksi

Kesalahan yang sering terjadi saat memory card tidak terdeteksi oleh smartphone adalah karena sering lepas pasang. Hal seperti ini membuat kuningan menjadi terlalu sering bergesekan kemudian menjadi rusak.

Kartu memory termasuk benda kecil yang rentan dan mudah rusak, jadi jangan sampai menaruhnya sembarangan. Gunakan plastik klip kecil saat tidak dipasang, selain berguna untuk melindungi dari goresan dan kotoran, juga melindungi dari air agar tidak basah.

Virus, masih menjadi faktor kerusakan sebuah penyimpanan data. Disarankan agar kamu tidak sembarangan mendownload aplikasi atapun file dari sumber yang tidak dipercaya. Virus menjadi lebih berbaya, disamping merusak juga mengambil data-data penting yang tersimpan di memory.

Beberapa Cara Mengatasi SD Card Tidak Terbaca

Cara yang saya dijelaskan ini sering saya gunakan saat mengalami masalah kartu sd tidak terbaca, untuk masalah SIMcard lihat di Mengatasi Masalah SIMcard Tidak Terbaca. Selain mudah karena tidak memerlukan aplikasi tambahan, juga mempunyai tingkat keberhasilan yang baik. Silahkan ikuti langkahnya dari mulai atas.

1. Bersihkan Kartu SD
Sebelum mencoba cara di lainnya, sedikit tips mudah ketika kartu sd tidak bisa terbaca yaitu dengan membersihkannya. Karena kotoran dan debu kecil bisa menutupi bahkan melukai tembaga yang berfungsi sebagai konektor.

2. Pasang di Handphone Lain
Jika setelah dibersihkan masih belum bisa, kamu bisa mencoba memasang micro sd tersebut di handphone lain untuk melihat apakah masih tetap terbaca atau bisa terbaca di handphone lain. Jika ternyata file kartu sd terbaca saat pindah handphone, kemungkinan besar smartphone kamu yang mengalami gangguan. Namun, jika tidak bisa maka coba kita coba cara berikutnya.

3. Gunakan PC atau Laptop
Saya sangat tidak menyarankan untuk langsung memformat dari handphone jika kamu belum mencoba menghubungkannya dengan pc atau laptop. Yang sering saya alami ketika memory tidak terdeteksi saat dipasang di handphone, biasanya setelah di sambungkan ke laptop akan terbaca. Hal seperti ini kemungkinan terbesarnya karena virus. Jadi seperti ini caranya :

  1. Lepas kartu sd dari handphone. Disini saya menyarankan melepasnya untuk menghindari agar file di internal tetap aman,
  2. Hubungkan kartu sd ke laptop atau pc dengan card reader atau adapter,
  3. Masuk ke Windows Explorer
  4. Klik kanan Drive Kartu sd, pilih Properties > Tools > Error Checking,
  5. Tunggu sampai selesai, jika berhasil file kamu akan terbaca di hanphone,

Atau jika masih belum bisa, hubungkan kembali handphone kamu seperti tadi. Setelah itu buka antivirus yang ada di laptop kamu. Kemudian scan driver handphone atau kartu memory, tunggu sampai selesai. Biasanya Smadav sudah cukup mengatasi file yang tidak terbaca.

4. Format Kartu SD
Jika semua cara di atas tetap belum mampu mengatasi masalah ini, maka sebelum langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah memformat kartu sd. Tentu saja dengan konsekuensi semua data foto, video dan lainnya akan hilang. Untuk format sd card bisa dilakukan di handphone atau pc.

Cara format kartu sd di android yaitu dengan memilih menu Pengaturan > Penyimpanan/Storage > Kartu SD kemudian pilih Format Kartu SD, hati-hati yang akan di format adalah SD Card bukan Internal. Sentuh ya pada konfirmasi memformat memory card.

Yang ke 2 dengan menyambungkan lagi dengan PC, karena biasanya tidak bisa diformat lewat smartphone karena tidak terdeteksi. Langkahnya sama seperti di atas,

  1. Sambungkan ke pc,
  2. klik kanan driver (biasanya Removable Disk G),
  3. Format…,
  4. Centang “Quick Format“,
  5. Start,
  6. Tunggu sampai selesai,

Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan dan ternyata kartu sd masih tetap tidak terbaca di hp, maka jalan terakhir yang bisa kamu ambil adalah menggantinya dengan yang baru. Dan bisa dipastikan kartu sd kamu rusak. Nanti akan saya tulis bagaimana cara menyimpan data handphone di cloud drive, jadi kalau hp kamu hilang atau sd card rusak, file yang tersimpan masih bisa di kembalikan. Tapi sementara ini dulu tips tutorial cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali, semoga micro sdnya bisa diperbaiki sehingga tidak perlu di perbaiki. Silahkan share ke teman-teman, barang kali membutuhkan solusi untuk masalah ini. Terakhir, terima kasih telah berkunjung, semoga harimu menyenangkan, terima kasih.

Tinggalkan pesan "Solusi Cara Memperbaiki Kartu SD Tidak Terbaca"

twelve − eight =