Inilah 8 Tips Berguna Android yang Belum Banyak Disadari

Tidak ada komentar 2451 views

8_tips_android
Smartphone atau ponsel pintar saat ini seolah – olah sudah menjadi kebutuhan wajib bagi banyak orang. Mulai dari remaja hingga para lansia pun saat ini selalu terlihat asyik saat mengoperasikan gadget kesayangan mereka yang satu ini. Walaupun smartphone terlihat sebagai barang yang umum, tetapi sepertinya masih banyak pengguna smartphone khususnya yang berbasis Android belum mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan performa atau potensi yang dimiliki oleh perangkat tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu Kamu mengoptimalkan smartphone kesayangan Kamu.

Memeriksa Penggunaan Data
Bagi para pengguna smartphone, internet menjadi kebutuhan yang sangat penting. Untuk memantau penggunaan data pada perangkat, Google telah menyediakan fitur Data Usage atau Penggunaan Data di Android. Fitur yang tersedia di menu pengaturan ini akan membantu Kamu mengontrol kapasitas data yang digunakan.

Cermati Akses Data Pribadi Setiap Menginstall Aplikasi
Di Play Store, ada banyak sekali pilihan aplikasi gratis yang dapat diunduh secara cuma – cuma. Tetapi, Kamu juga wajib mencermati apa saja akses yang diminta oleh aplikasi tersebut. Jangan sampai Kamu hanya asal mencentang atau menyetujui tanpa menyadari bahwa bahwa foto atau data pribadi Kamu sudah tersebar ke publik tanpa Kamu ketahui. Biasanya sebelum menginstal aplikasi, Kamu akan diberitahu apa saja akses yang diminta oleh aplikasi tersebut. Tetapi jika aplikasi tersebut sudah terlanjur diunduh dan ingin mengetahui apa saja akses data yang diberikan, Kamu dapat memeriksanya di menu Settings kemudian pilih aplikasi.

Mode Hemat Daya
Baterai yang cepat habis merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh para pengguna Android. Sebenarnya Android sudah menyediakan mode hemat baterai. Fitur ini dapat diatur otomatis ketika baterai smartphone mulai kritis. Dengan fitur tersebut, smartphone diperkirakan mampu bertahan hingga 1 jam lebih lama sebelum diisi ulang daya baterainya. Cara kerja mode ini adalah menonaktifkan fitur – fitur tertentu yang dapat mempercepat baterai habis seperti GPS.

Akses ke Menu Settings Dengan Cepat
Beberapa menu pengaturan dapat Kamu jumpai ketika swipe ke bawah layar. Menu tersebut di antaranya adalah Bluetooth, WiFi, Flashlight, auto rotate, airplane mode, data seluler, dan hotspot seluler. Setiap tipe atau merek smartphone mungkin memiliki ragam menu settings yang berbeda ketika Kamu swipe layar ke bawah.

Google Now Launcher
Untuk membuat tampilan aplikasi – aplikasi yang terdapat pada smartphone Kamu terlihat lebih tertata, Google telah menyediakan launcher khusus yaitu Google Now Launcher. Launcher ini bekerja dengan cara menyusun aplikasi berdasarkan frekuensi penggunaan aplikasi tersebut. Atau silahkan baca Aplikasi Launcher Terbaik Android.

Voice Assistant
Ini adalah perintah berbasis suara yang akan aktif ketika Kamu mengatakan Ok Google.Fitur yang satu ini sangat membantu para pengguna yang menggunakan smartphone tanpa harus mengetik apa yang ingin mereka temukan.

Google Now On Tap
Untuk fungsi yang satu ini hanya dapat aktif di perangkat smartphone yang sudah menjalankan Android Marshmallow. Jadi ketika Kamu menyorot kata – kata tertentu dari sebuah artikel, fitur ini secara otomatis akan menampilkan hasil mesin pencari Google.  Pada versi Android yang sebelumnya, ketika Kamu menyorot sebuah kata, kata tersebut dapat dicari tahu dari Google Chrome.

Pengaturan Stkamur atau Aplikasi Default
Di sebuah smartphone,kadang ada beberapa aplikasi yang menawarkan fungsi sama seperti browser internet Opera, UC Browser, dan Chrome. Saat Kamu ingin membuka file pertama kali, biasanya akan muncul permintaan untuk memilih aplikasi yang akan digunakan baik untuk saat itu saja atau menjadikannya sebagai default. Jika aplikasi tersebut dijadikan default, maka jika suatu saat akan membuka file yang serupa, maka aplikasi yang aktif secara otomatis adalah aplikasi default. Aplikasi default ini dapat diganti pada menu reset app default. Caranya masuk ke menu Settings > Apps > Reset App Preferences

Tinggalkan pesan "Inilah 8 Tips Berguna Android yang Belum Banyak Disadari"

four × two =