Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu Memori/SD Card

2 comments 28034 views

Utasgawai – Bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu memori atau sd card tanpa root? Yuk, kali ini kita mencoba untuk memindah aplikasi dari penyimpanan internal ke eksternal dengan cara yang mudah.

cara_memindahkan_aplikasi_ke_kartu-sd

Penyimpanan internal sering kali menjadi masalah karena ukurannya yang kurang cukup untuk menyimpan berbagai jenis data aplikasi. Karena aplikasi sekarang memiliki data yang besar, tidak seperti dulu yang hanya butuh beberapa Megabite. Apalagi aplikasi seperti permainan berbasis RPG yang memiliki space yang besar, juga game dengan grafis yang detail. Semakin sering aplikasi meminta update, maka ukurannya sourcenya juga akan semakin bertambah, otomatis kamu memerlukan penyimpanan yang cukup besar. Jadi, untuk saran saja jika ada permintaan update untuk aplikasi yang tidak begitu penting sebaiknya diabaikan saja.

Ketika memori internal sudah tidak cukup untuk menampung data, maka diperlukan pemindahan ke memori eksternal atau sering kita sebut kartu sd. Penyimpanan tambahan seperti sd card diperlukan untuk menambah kapasitas penyimpanan data. Memindahkan aplikasi ke kartu sd tidak akan membuat hp kamu menjadi tidak lemot secara drastis, karena lambat tidaknya sebuah smartphone dipengaruhi oleh prosesor dan kapasitas RAM. Silahkan baca Aplikasi Pembersih Android Agar Tidak Lemot mungkin akan bisa membantu.

Ada 2 cara yang ingin saya beritahukan tentang bagaimana cara memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu sd dengan mudah tanpa root, juga bisa diterapkan untuk semua jenis hp android seperti Samsung Galaxy, Xiaomi, Asus Zenfone, Oppo, Lenovo dan lainnya. Silahkan coba cara pertama, jika tidak bisa maka cara kedua, dan jika masih tidak bisa artinya memang aplikasinya yang tidak bisa dipindahkan.

Cara Memindahkan Aplikasi Android Secara Langsung Tanpa Root

Untuk cara yang pertama ini kamu tidak perlu megunduh aplikasi tambahan. Tapi cara ini sepertinya tidak bisa atau tidak ada di android versi lama, tapi tidak masalah untuk membacanya lebih lanjut.

  1. Pertama ke Pengaturan,
  2. Kemudian pilih Aplikasi / Manager App,
  3. Lalu pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke eksternal,
  4. Sentuh Penyimpanan,
    Note: Tidak semua hp ada pilihan ini, langsung akan muncul pilihan pindahkan.
  5. Kamudian pilih Pindahkan ke Kartu SD, lalu Ya untuk melanjutkan,
    pindahkan-ke-kartu-sd
    Note: Setiap tipe hp berbeda, tapi intinya pilihan untuk memindahkan ke kartu SD. Dan jika pilihan ini tidak menyala, artinya aplikasi tidak dapat dipindah.
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai,
  7. Aplikasi berhasil dipindahkan.

Cara Memindahkan Aplikasi Android Menggunakan AppMgr III

Memindahkan aplikasi dengan aplikasi, kalau dibaca agak aneh juga ya. Tapi memang demikian, untuk cara yang satunya adalah dengan mengunduh aplikasi pemindah yang bisa kamu temukan di Play Store. Dan kali ini yang saya pakai adalah AppMgr III (App 2 SD, Hide and Freeze apps). Sebenarnya cara kerjanya sama dengan diatas, tapi dengan AppMgr bisa menjadi lebih mudah. Selain itu aplikasi ini tidak hanya sekedar untuk memindahkan aplikasi, tapi juga untuk menyembunyikan dan membekukan aplikasi, lain kali kita akan bahas ini.

Mengapa saya memilih AppMgr III? Jawabannya adalah karena fiturnya cukup lengkap untuk sebuah aplikasi gratis. Selain itu kamu bisa memindahkan aplikasi-aplikasi secara massal, tinggal kamu tandai. Juga kamu akan melihat mana aplikasi yang dapat dipindahkan, yang telah dipindahkan di kartu SD dan yang tidak bisa dipindahkan.

  1. Langsung saja Download AppMgr III terlebih dahulu,
  2. Setelah itu silahkan buka aplikasi AppMgr III,
  3. Kamu akan langsung melihat aplikasi-aplikasi yang dapat dipindah ke SD Card,
  4. Pilih aplikasi yang akan dipindah,
    cara-memindahkan-aplikasi-ke-sd-card-dengan-appmgr-iii
    Note: Kamu bisa langsung memilih secara multi dengan menyentuh dan menahan salah satu aplikasi,
  5. Pilih Move App atau jika secara massal sentuh icon kartu SD disebelah
    atas,
  6. Kamu akan diarahkan ke Info Aplikasi, dan silahkan pilih Pindah ke Kartu SD,
  7. Tunggu sampai proses selesai,
  8. Dan aplikasi berhasil dipindahkan.

Sebegai catatan penting, setiap smartphone tidak sama dalam penataan pengaturan, jadi jangan heran jika langkah-langkah di atas tidak sama persis dengan pengaturan di hp kamu. Silahkan kamu pahami maksudnya, baca pelan-pelan. Gunakan bahasa pengaturan yang bisa kamu mengerti. Dan sekian tips tentang cara bagaimana memindahkan aplikasi ke sd card, silahkan bagikan ke teman lainnya.

  1. author

    muhammad fauzi2 tahun ago

    kenapa manager di hp saya tdk ada tulisan pindah ke SDcard

    Balas
    • author
      Penulis

      Utas Gawai2 tahun ago

      Android versi berapa Om?

      Balas

Tinggalkan pesan "Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu Memori/SD Card"

one × 1 =